Pemerintah Desa Beleke Gelar Pelatihan Keterampilan Usaha Pengolahan Kelapa Menjadi VCO

  • Oct 26, 2023
  • Admin Desa Beleke

Pemerintah Desa Beleke menggelar kegiatan Pelatihan Keterampilan Usaha dalam Pengolahan Kelapa Menjadi Virgin Coconat Oil (VCO).

Kegiatan Pelatihan ini digelar selama 2 hari mulai tanggal 14-15 Oktober 2023 di Aula Rumah Kepala Desa  dan dibuka langsung oleh Kepala Desa Beleke Islahudin, S.IP.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Beleke sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini, karena bisa meningkatkan kapasitas dan keterampilan warga dalam mengolah kelapa menjadi VCO.

“Saya berharap pelatihan ini diikuti dengan sungguh-sungguh karena dalam pelatihan ini Ibu-ibu akan diajarkan proses pengolahan dari awal sampai menjadi produk VCO yang bisa dipasarkan”, ungkapnya.

Tak hanya itu, Islahudin juga menambahkan Pengembangan produk VCO di Desa Beleke memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan, terlebih bahan baku berupa kelapa sangat mudah di dapatkan.

”Pengembangan produk VCO ini saya lihat memiliki prosfek yang menjanjikan, terlebih lagi di Desa Beleke banyak Suplayer Kelapa sehingga bahan baku mudah kita dapatkan. Selain itu,  produk VCO dan turunannya ini nantinya bisa menjadi alternatif pengganti minyak goreng dikala harga minyak goreng melambung tinggi dan langka,” tambahnya.

Dia juga menambahkan, nantinya kelompok usaha ini akan difasilitasi atau diberikan  alat-alat penunjang proses produksi.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh dua Kelompok Usaha yang berasal dari Desa Beleke dan menghadirkan Nara Sumber yaitu Dr. Nurhayati, S.TP., M.P selaku Kaprodi Fakultas Teknologi Hasil Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram.

VCO itu sendiri merupakan minyak kelapa yang diproses tanpa pemanasan, sehingga tidak merubah komposisi atau karakteristik minyak. VCO mempunyai beberapa keunggulan, di antaranya kadar bilangan penyabunan, bilangan peroksida, dan asam lemak bebas yang rendah, dan sifat antibakteri yang lebih tinggi.

VCO mempunyai banyak manfaat, selain berfungsi untuk menggoreng makanan, VCO juga berperan membantu mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes, memperbaiki pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi virus HIV, dan SARS. VCO berisi beberapa senyawa yang berguna bagi tubuh diantaranya asam lemak rantai sedang yang tidak tertimbun karena dicerna oleh tubuh, antioksidan seperti tokoferol dan betakaroten, yang berguna untuk mencegah penuaan dini dan menjaga vitalitas tubuh.