Silaturrahmi Sekaligus Kunjungan Kerja Kapolsek Gerung ke Kantor Desa Beleke

  • Mar 09, 2023
  • Admin Desa Beleke

Kedatangan Kapolsek Gerung AKP Agus Pujianto, S.Pd., MH., ditemani Kadit Intel Polsek Gerung Ipda Lalu Junaidi, Kanit Binmas Polsek Gerung  Iptu Isa Ariadi beserta rombongan, disambut hangat oleh Kepala Desa Beleke Islahudin, S.IP., Babin beserta seluruh Perangkat dan Staf Desa Beleke,  Rabu (08/03/2023).

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Desa Beleke tersebut bertujuan untuk menyambung tali silaturrahmi serta mengenal lebih dekat antara pihak Kepolisian yang berada di Polsek Gerung dengan seluruh perangkat yang berada di Desa Beleke sehingga terbentuknya hubungan emosional yang lebih dekat lagi dan terciptanya keamanan di lingkungan kita bersama.

Dalam penyampaiannya Kapolsek Gerung AKP Agus Pujianto, S.Pd., MH., menekankan beberapa poin yang harus menjadi perhatian kita bersama, diantarannya:

  1. Keamanan menjelang Ramadhan. Dimana di ketahui awal Ramadhan tahun ini akan berbarengan dengan perayaan hari raya nyepi umat Hindu. Sehingga Kapolsek Gerung menghimbau untuk tetap saling menjaga toleransi antar umat beragama
  2. Maraknya pencurian menjelang Ramadhan. Untuk mengantisipasi hal tersebut penjagaan malam perlu ditingkatkan seperti patrol dan ronda
  3. Bahaya penyalahgunaan narkoba. Para pemuda/pemudi sangat rentan terpengaruh atau terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba dan ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengawasi pengedaran narkoba tersebut.
  4. Perayaan adat seperti nyongkolan. Apabila Epen Gawe ingin mengadakan acara nyongkolan maka harus bersurat terlebih dahulu dan siap bertanggung jawab apabila dalam acara tersebut terjadi keributan.
  5. Hati-hati dalam menggunakan media social. Gunakanlah media social dengan sebaik dan sebijak mungkin, jangan sampai media social di gunakan untuk menyebar kebencian dan berita bohong sehingga dapat menjerat kita dengan pasal pelanggaran UU ITE. Terlebih sekarang kita masuk dalam tahun politik, jangan sampai membuat polemik yang bersifat social.
  6. Untuk warga yang memiliki usaha penginapan, kontrakan atau kos-kosan, nanti dari pihak desa membuat himbauan mengenai batas bertamu dan lainnya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu harapan yang sangat ditekankan oleh Kapolsek Gerung AKP Agus Pujianto, S.Pd., MH., adalah adanya simbiosis mutualisme anatara pihak pemerintah desa dengan kepolisia, yang artinya saling memberikan informasi ataupun timbal balik mengenai permasalahan yang ada dan mudah-mudahan Desa Beleke ini dalam keadaan yang aman dan kondusif.

Selanjutnya Kadit Intel Polsek Gerung Ipda Lalu Junaidi menambahkan, dalam menyambut bulan suci Ramadhan para pedagang petasan akan ditertibkan. Dimana nanti para pedagang petasan ini harus memiliki izin jualan  yang dikeluarkan dari Polres dan harus menjual jenis petasan yang sudah memiliki izin edar. Apabila para pedagang nantinya melanggar hal tersebut, maka akan dilakukan razia dan penyitaan.

Menanggapi himbauan tersebut Kepala Desa Beleke Islahudin S.IP menyampaikan bahwa kerjasama antara Pemerintah Desa Beleke dengan Polsek sejauh ini sangat lancar, kerjasama dengan Babin juga sangat baik. Mengenai masalah petasan, pemerintah desa akan membuat himbauan berupa spanduk yang akan ditempelkan di titik keramaian yang berisi larangan membunyikan petasan dan apabila melanggar ada sangsi yang akan diberikan. Selanjutnya Kepala Desa Beleke juga menyampaikan tingkat toleransi antar umat beragama sangat tinggi. Mengenai Narkoba harus diberantas dan tidak boleh masuk dalam wilayah kami, dalam waktu dekat penyuluhanan kesehatan terhadap remaja dan bahaya penyalahgunaan narkoba akan kami laksanakan di masing-masing Dusun dengan pendektatan kepada organisasi-organisasi remaja. Mengenai masalah kecimol, di Desa Beleke sudah ditiadakan baik yang mau pergi nyongkolan maupun yang akan masuk nyongkolan, kecuali menggunakan Gendang Beleq. Dan tidak lupa Kepala Desa berterima kasih kepada Kapolsek Gerung dan rombongan atas kunjungannya kewilayah Desa Beleke.