Pelatihan Kader Posyandu, Kades Beleke : Kader Harus Terampil

  • Nov 29, 2023
  • Admin Desa Beleke

Pemerintah Desa Beleke Menggelar Pelatihan Pengembangan Kapasitas Kader Posyandu se Desa Beleke. Kegiatan tersebut berlangsung di  Aula Kantor Desa Beleke pada Sabtu (25/11).

Pentingnya Pelatihan Kader Posyandu ini untuk upaya pemantauan tumbuh kembang anak usia dini secara pokok merupakan tugas keluarga dan dibantu oleh kader posyandu melalalui kegiatan posyandu. Program posyandu dilakukan di setiap desa oleh kader yang telah diberikan pengetahuan dan pelatihan oleh para petugas kesehatan untuk memasyarakatkan pengetahuan tentang kesehatan, terutama pertumbuhan dan perkembangan anak pada para orang tua.

Umunya kegiatan posyandu meliputi kegiatan penimbangan balita dan pemberian nutrisi sehingga sebagai sasaran utama posyandu lebih tertuju pada tahap pertumbuhan fisik.

Oleh karena itu, perlu adanya pemberian pengetahuan pada kader Posyandu tentang deteksi dini perkembangan anak, sehingga tindakan preventif dapat dilakukan untuk mengatasi adanya gangguan perkembangan pada balita

Kepala Desa Beleke, Islahudin, S.IP mengatakan, pelatihan diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kader Posyandu dalam melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita di Posyandu. Sehingga dapat mengetahui penyimpangan tumbuh kembang yang tidak sesuai dengan keadaan normal seawal mungkin. 

"Kegiatan pemantauan tumbuh kembang ini sangat penting untuk mengetahui penyimpangan pertumbuhan pada anak sehingga dapat segera dilakukan intervensi," tuturnya.

"Harapan kami, kader Posyandu dapat melaksanakan kegiatan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita di Posyandu, terampil menggunakan alat yang terstandar dan menggunakan buku KIA sebagai alat pencatatan dan pelaporan serta dapat memasyarakatkan penggunaan buku KIA secara luas," pungkasnya.