Penyerahan Alat-Alat Pembuatan VCO

  • Jan 10, 2024
  • Admin Desa Beleke

Penyerahan Alat-alat pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Kepada Kelompok Pengolahan VCO di Dusun Biletepung Desa Beleka, Rabu (10/01).

Penyeraha secara simbolis dilakukan oleh ketua BPD Desa Beleka Ust. Ahmad Ropi'i, M.Pd yang didampingi oleh Sajidi selaku Kasi Pelayanan Desa Beleka. Penyerahan alat-alat tersebut langsung diterima oleh Ibu Haruni selaku ketua kelompok pengolahan. Pemberian bantuan alat yang dilakukan oleh pemerintah Desa Beleka demi mendukung keberlangsungan produksi dari kelompok tersebut, sehingga akan memberikan dampak kenaikan ekonomi bagi anggotanya.

Ditemui di tempat terpisah Kepala Desa Beleka Islahudin, S.IP menyampaikan bahwa pemberian peralatan kepada kelompok pengolahan VCO tersebut merupakan program pemerintah desa dalam membantu UMKM yang ada di Desa Beleka. Selain itu untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, sebelumya pemerintah Desa Beleka telah memberikan pelatihan Proses Pengolahan VCO. Dalam pelatihan tersebut Kelompok Pengolahan mendapatkan materi bagaimana cara memilih bahan baku, produksi, pengemasan, penyimpanan dan pemasaran produk.

Adapun alat-alat yang diberikan berupa Mesin parut kelapa, kompor gas, panci, baskom dll. Selain itu, Sajidi juga berpesan kepada ketua kelompok supaya menjaga dan memanfaatkan alat-alat tersebut dengan sebaik mungkin sehingga proses produksi bisa berjalan dengan lancar dan panjang.