TEKAN ANGKA STUNTING, TPPS DESA BELEKA LAKUKAN PENYISIRAN

  • Mar 06, 2024
  • Admin Desa Beleke

Untuk menekan angka stunting di Desa Beleka, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) terus melakukan penyisiran di 4 Dusun (Dusun Mendagi, Beleke, Biletepung dan Barak Bokong) yang ada di Desa Beleka.

Kali ini di hari kedua pelaksanaan, TPPS Desa Beleka bersama Kepala Desa Beleka Islahudin, S.IP melakukan kegiatan di Dusun Beleke, Desa Beleka Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Jum’at (1/3/2024).

Adapun yang menjadi sasaran dalam kegiatan tersebut adalah anak-anak yang terindikasi mengalami stunting. Disela-sela kunjungannya Kepala Desa Beleka Islahudin, S.IP memberikan juga bantuan berupa PMT, seperti susu formula dan buah-buahan.

Kepala Desa Beleka Islahudin, S.IP menyampaikan bahwa kegiatan penyisiran ini merupakan kegiatan prioritas yang akan menjadi rencana kerja TPPS Desa Beleka dalam percepatan penurunan stunting.

“Ini merupakan langkah dari Pemerintah Desa Beleka dan TPPS Desa Beleka dalam mempercepat penurunan angka stunting di Desa Beleka. Nantinya akan ada pengawasan dan perlakuan khusus bagi anak-anak yang terindikasi stunting, baik pengawasan gizi serta pola makan”, ungkapnya.

Islahudin, S.IP mengatakan bahwa kegiatan penyisiran ini, bertujuan untuk mencari penyebab terjadinya kasus stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus serupa.

“Penyisiran anak-anak yang terindikasi mengalami stunting dilakukan dengan tahapan pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan kemudian dilakukan pencatatan dan analisis serta dilakukan tindak lanjut”, jelasnya.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan stunting diantaranya adalah asupan gizi yang tidak seimbang, anemia, tidak ASI ekslusif, hipertensi pada ibu dan MPASI yang kurang gizi.