Pembinaan Lomba Desa dari Tim Kecamatan Gerung dan Dinas PMD Lombok Barat

  • Jun 16, 2024
  • Admin Desa Beleke

Tim Lomba Desa Beleka mengikuti kegiatan pembinaan dari Tim Pembinaan Kecamatan dan Kabupaten dalam persiapan Lomba Desa tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelaksanaan pendampingan dilakukan di Aula Rapat Kantor Desa Beleka.

Acara pembinaan dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Barat Lalu Mohamad Hakam. Dalam kesempatannya, Beliau mengingatkan agar Tim Pendamping Lomba Desa benar-benar mempersiapkan administrasi dan data pendukung sesuai dengan indikator penilaian dengan sebaik dan selengkap mungkin. Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan ke masing-masing Tim Pendamping lomba. Dimana pada hari sebelumnya, Camat Gerung Sapoan telah membentuk koordinator di masing-masing bidang dan menunjuk Bapak Hulaefi, S.H sebagai Ketua Tim, Sudirman sebagai Koordinator Bidang Pemerintahan, Rido Pratama sebagai Koordinator Bidang Kewilayahan dan Ahmad Ropii sebagai Koordinator Bidang Kemasyarakatan.

Ada 3 bidang yang akan dilakukan pembinaan yaitu Bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan. Masing-masing bidang terdiri dari beberapa indikator yang akan menjadi penilaian. Untuk bidang pemerintahan terdiri dari indikator pemerintahan desa, kinerja, inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat desa berbasis teknologi informasi, pelestarian adat dan budaya serta batas desa. Kemudian pada bidang kewilayahan terdiri dari indikator inovasi, tanggap dan siaga bencana dan pengaturan investasi. Dan bidang terakhir yaitu bidang kemasyarakatan terdiri dari indikator partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan penanggulangan kemiskinan.