Pos Satkamling Dusun Beleke Juara I Lomba Satkamling Polres Lombok Barat

  • Jun 24, 2023
  • Admin Desa Beleke

Pos Satkamling Dusun Beleke Desa Beleke berhasil menjadi juara I dalam Lomba Satkamling yang digelar oleh Polres Lombok Barat dalam rangka hari Bhayangkara ke-77.

Penyerahan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede Janaedi, S.H., S.I.K., M.A.P., pada saat apel  Satkamling Polres Lombok Barat, Rabu (21/06/2023). Hadir yang menerima piagam penghargaan Bapak Safwan selaku Kepala Dusun Beleke.

Di temui di tempat yang terpisah Kepala Desa Beleke Bapak Islahudin, S.IP mengungkapkan kegembiraannya. “Tentunya kami atas nama pemerintah Desa Beleke merasa sangat senang dan bangga atas perolehan yang didapat. Semoga dengan capaian ini, akan lebih memberikan semangat kepada masyarakat kita dalam menjalankan pelaksanaan serta tugas fungsi siskamling dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita bersama. Terima kasih juga kami ucapkan kepada Polres Lombok Barat yang telah mengadakan kegiatan ini”, ungkapnya.

Aspek dan kriteria penilaian lomba Satkamling dari sisi sumber daya manusia (SDM) meliputi pelaksanaan, perencanaan jadwal, pengisian buku mutasi, pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), hingga pelatihan pertolongan pertama pada gawat darurat (P3GD).
Dari aspek sarana dan prasarana antara lain ketersediaan kotak P3K, buku mutasi, senter, kentongan, borgol, tongkat, alat komunikasi, hingga alat pemadam api ringan.

Kemudian aspek kegiatan operasional meliputi patroli ronda, penjagaan Satkamling. Lalu yang tak kalah penting adalah aspek dukungan masyarakat dan aspek pembinaan Satkamling yang menunjang lomba.

Berikut pemenang Lomba Satkamling tingkat Polres Lombok Barat tahun 2023 :
- Juara I Pos Satkamling Dusun Beleke Desa Beleke Kec. Gerung
- Juara II Pos Satkamling Dusun Pelangan Barat Desa Pelangan Kec. Sekotong
- Juara III Pos Satkamling Anggrek Dusun Ombe Rerot Desa Ombe Baru Kec. Kediri.